Hi girls, welcome to my blog !

Hari ini aku akan bahas tentang berbagai macam warna Primer Step 1 oleh Make Up Forever. Dulu sebelum aku sekolah makeup, waktu ke MUFE bingung banget sama warna warna HD Primer mereka. Aku tau mereka jual Primer Transparant yang standard, tapi kepo banget tentang warna-warna lainnya. Sharing dikit ni soal experience aku tentang HD Primer warna ungu:

Tahun lalu saat aku beli makeup untuk keperluan belajar jadi MUA, aku ke MUFE dan mas2 nya bilang kalau primer warna ungu cocok untuk semua warna kulit. Ditambah lagi warna ungunya berfungsi untuk mencerahkan kulit kusam. Kalau warna transparant nggak punya fungsi color correcting ini. Akhirnya aku beli, pas uda dipakai beberapa kali ke diri sendiri berasa kok mukanya jadi lebih parah ya!!?? Aku emang banyak bekas jerawat membandel yang warnanya ungu2, ternyata kata guru makeup aku ditipu sama mas2 yang jaga karena warna ungu itu makin menonjolkan bekas jerawat. Ditambah lagi warna ungu itu hanya bagus untuk mencerahkan warna kulit putih chinese dan bule, karena kalau dipakai ke yang sawo matang malah jadinya ashy (abu2). Sakit hati si karena abis itu balik dan beli lagi warna lainnya yang aman ke semua jenis kulit. Sekarang si primer ungu duduk diujung makeup box dan hanya dikeluarin kalau makeup-in bule or orang chinese with fair skin 😦

Basically Primer MUFE itu pakai teknik yang namanya color correcting. Kerap dipakai sama MUA di Instagram untuk bagian under eye highlight area. 

From a mistake, I learn something out of it. The lesson costs 550.000 :’)

COLOR CORRECTING TECHNIQUE

Color Correcting Technique ini adalah teknik me-netralkan warna kulit.

Pernah liat video makeup di instagram yang dimana modelnya taro warna ijo atau orange ke bawah mata lalu ditimpa lagi sama liquid products? THAT is color correcting technique. Sayangnya banyak orang orang cuma ngikutin tanpa tau cara yang tepat untuk mengaplikasikan ilmu ini, dan gak sedikit yang salah menempatkan warna dasarnya.

Warna dasar disini bukan tentang apakah kamu tanned atau fair. Tapi lebih kepada warna flaws diwajah, contohnya jerawat, kantong mata, urat dimuka, dll.

Make-Up-For-Ever-–-HD-Microperfecting-Primer_3

Gimana sih cara kerja color corrector?

Teorinya, ada beberapa warna yang kalau ditumpuk akan berubah menjadi netral. Seperti image diatas menjelaskan, saat warna merah ditumpuk dengan hijau akan menjadi netral.

Apa Color Correcting sama dengan concealer?

Tidak, color correcting diaplikasikan sebelum liquid makeup/concealer. Gunanya adalah untuk membantu supaya lebih menutup perbedaan warna.

Harus setebel apa si pakenya?

Nggak boleh tebel2, pakenya tipis saja asal warna udah dilayer diatas bagian yang mau di netral-kan. Blend! 

Jadi sekarang kalian tau gimana caranya pilih primer berwarna dari MUFE Primer STEP 1 yah 🙂